Kamis, 29 November 2012

MANUSIA DAN KEGELISAHAN



10. MANUSIA DAN KEGELISAHAN
§  Pengertian Kegelisahan

-          Menjelaskan Pengertian Kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan menipakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

-          3 macam Kecemasan yang Menimpa Manusia

·        Kecemasan Obyektif.
Kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseoarang yang mengancam untuk mencelakakannya
·        Kecemasan Neorotis (Syaraf).
Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah.
·        Kecemasan Moril
Kecemasan moril desebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki macam – macam emosi antara lain : iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang.

§  Sebab sebab orang gelisah

-          Sebab-sebab Orang Gelisah
1.      Gelisah terhadap apa yang dia lakukan baik buruk maupun tidak.
2.      Gelisah terhadap keputusan yang tidak memuaskan.
3.      Gelisah karena takut miliknya hilang.

-          Contoh-contoh Orang Gelisah

1.      Gelisah terhadap apa yang dia lakukan baik buruk maupun tidak.
2.      Gelisah terhadap keputusan yang tidak memuaskan.
3.      Gelisah karena takut miliknya hilang.


§  Usaha Mengatasi Kegelisahan

-          Usaha mengatasi Kegelisahan beserta contoh

Dalam mengalami sikap gelisah untuk mengatasi hal tersebut hal yang di butuhkan yaitu dengan bersikap tenang serta sabar dan dapat menerima apa yang telah terjadi baik buruk maupun tidak.

Beberapa contoh mengatasi kegelisahan :
·         Bersikap tenang saat memiliki masalah
·         Bersabar dalam menerima keputusan
·         Ikhlas terhadap apa yang telah terjadi.

§  Keterasingan

-          Pengertian Keterasingan

Keterasingan adalah suatu keadaan dimana kita dipindahkan ke suatu tempat tertentu karena perbuatan yang kita lakukan tidak baik.

-          1 Ayat Al-Quran tentang Keterasingan

“Katakanlah; Inilah jalanku. Aku mengajak (kamu) kepada Allah di atas bashirah/ilmu. Inilah jalanku dan jalan orang-orang yang mengikutiku. Dan maha suci Allah, aku bukan termasuk golongan orang-orang musyrik.” (QS. Yusuf: 108)

§  Kesepian

-          Pengertian kesepian dan contoh contoh yang sedang kesepian

Kesepian adalah suatu keadaan dimana kita tidak memiliki seseorangpun dalam hidupnya.

Contoh kesepian :
Saat keluarga sedang berkumpul tetapi ada anak mereka yang sibuk atas pekerjaan sehingga anak pun merasa kesepian karena tidak bisa hadirnya dirinya saat berkumpul bersama.

-          3 macam Penyebab Kesepian

·         Kurang pintarnya bergaul dalam masyrakat
·         Takut atas akibat yang akan di alaminya dalam bergaul
·         Perbuatan kita yang buruk.

§  Ketidakpastian

-          Pengertian Ketidakpastian

Ketidak pastian adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengetahuinya baik buruk maupun tidak.

-          Macam-macam Penyebab terjadinya Ketidakpastian

1.       Obsesi
Obsesi merupakan gejala neurosa jiwa, yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus menerus, biasanya tentang hal-hal yang tak menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita.
2.       Phobia
Ialah rasa ketakutan yang tak terkendali, tidak normal, kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
3.       Kompulasi
Ialah adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
4.       Histeria
Ialah neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan, pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dan sikap orang lain.
5.       Delusi
Menunjukkan pikiran yang tidak beres, karena berdasarkan suatu keyakinan palsu.

Delusi ini ada tiga macam, yaitu :
a.       Delusi persekusi : menganggap keadaan sekitamya jelek. Seseorang yang mengalami delusi persekusi tidak mau mengenal tetangga kifi kanan karena menganggap jelek.
b.      Delusi keagungan : menganggap dirinya orang penting dan besar. Orang seperti itu biasanya gila honnat. Menganggap orang-orang disekitamya sebagai orang-orang tidak penting. Akhimya semua orang menjauhi juga.
c.       Delusi melancholis : merasa dirinya bersalah, hina, dan berdosa. Hal ini dapat mengakibatkan buyuten atau dikenal dengan nama delirium trements, hilangnya kesadaran dan menyebabkan otot-otot tak tericuasa lagi.

6.       Halusinasi.
Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan pancaindera.
7.       Keadaan Emosi
Dalam keadaan tertentu seseorang sangat berpengaruh oleh emosinya. Ini nampak pada keseluruhan pribadinya: gangguan pada nafsu makan, pusing-pusing, muka merah, nadi cepat, keringat, tekanan darah tinggi/lemah
 
-          1 Contoh Ketidakpastian

Suatu hari kita sedang ingin berangkat ke kampus tetapi kita tidak mengetahui cuaca hari ini, dan dalam perjalanan mendadak hujan sedangkan kita tidak tau bahwa akan terjadi hujan sehingga tidak membawanya jas hujan dan membuat kita meneduh dan telat sampai ke kampus.

§  Usaha Mengatasi Ketidakpastian

-          Usaha-Usaha Mengatasi Ketidakpastian

Dalam hidup pasti pernah mengalami ketidakpastian untuk mengatasinya yaitu dengan cara memiliki informasi yang cukup serta memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi hidup ini sehingga kita tidak akan mengalami ketidakpastian lagi.

-           Ayat Al-Quran dalam mengatasi Ketidakpastian

Dan aku tidak mengira Hari Kiamat itu akan datang, dan jika sekiranya aku dikembalikan kepada Tuhanku, pasti aku akan mendapat tempat kembali yang lebih baik daripada kebun-kebun itu. (Q.s. al-Kahfi: 36).


Contoh kasus :

Beberapa waktu belakangan ini kita sering mendengar isu bahwa jakarta akan diguncang gempa dengan daya rusak yang setara dengan bom hiroshima pada waktu tertentu. ketika mereka mendengar berita tersebut, mereka langsung panik dan melakukan persiapan untuk mengamankan barang-barang miliknya atau membuat tenda di depan rumah dan menjudge bahwa berita tersebut benar adanya. padahal kalau kita telaah secara mendalam, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui kapan dan dimana gempa itu akan terjadi. hal tersebut dapat terjadi karena mereka takut kehilangan beberapa haknya seperti hak untuk hidup, ak untuk mendapat perlindungan, dan lain lain


http://archive.kaskus.us/thread/4169355
http://www.scribd.com/doc/52925975/10-Manusia-Dan-Kegelisahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar