Selasa, 09 Oktober 2012

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR



TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR

1.1  IBD sebagai bagian dari MKDU
Ilmu Budaya Dasar selalu menjadi bagian mata kuliah dasar umum(MKDU), yang diberikan kepada mahasiswa baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Ilmu Budaya Dasar sebagai mata kuliah dasar umum karena merupakan suatu mata kuliah yang menyangkut kebudayaan, nilai-nilai dan tentang berbagai masalah yang dihadapi sehari-harinya.
Adapun tujuan khusus dari Ilmu Budaya Dasar bagi seorang mahasiswa yang baik dengan kualifikasi sebagai berikut:
1) Memperluas pandangan tentang masalah sosial budaya dan masalah kemanusiaan  serta mengembangkan kemampuan daya kritis.
2)  Meningkatkan kesadaran terhadap nilai manusia dan kehidupan manusiawi.
3) Mempertajam kepekaan terhadap sosial budaya dan lingkungan sosial budaya ,artinya peka terhadap kejadian-kejadian yang dilingkungan sekitar, baik itu merugikan maupun menguntungkan bagi diri sendiri, kepentingan umum maupun kepentingan orang banyak.
4) Membina kemampuan berpikir dan bertindak objektif untuk menangkal pengaruh negative yang dapat merusak lingkungan sosial budaya.
5) Menghasilkan pemimpin bangsa maupun Negara yang tidak memiliki sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin ilmu yang ketat.

 A. Menjelaskan Pengertian MKDU
Mata kuliah dasar umum itu bisa dikatakan sebagai mata kuliah yang sangat penting untuk para lulusan perguruan tinggi agar dapat mempunyai suatu kesamaan dalam hal pembicaraan. Terutama mata kuliah ilmu budaya dasar menjadi mata kuliah umum karena seorang mahasiswa lebih dituntut untuk lancar berkomunikasi,interaksi maupun bisa lebih mengenal kebudayaan dan nilai-nilai yang ada di sekitarnya.


B.    Menyebutkan Tujuan MKDU
Tujuan ilmu budaya dasar sebagai mata kuliah dasar umum menurut saya untuk membentuk karakter seseorang yang sesuai dengan budaya leluhur bangsa agar tidak pudar dari zaman ke zaman dan yang paling terutama kita juga bisa mengenal budaya satu dengan budaya yang lainnya.Di sisi lain pun seorang mahasiswa juga diharapkan mempunyai latar belakang yang luas untuk mengetahui kebudayaan Indonesia yang luas dan beragam.


1.2  Pengertian Ilmu Budaya Dasar

A.    Menjelaskan Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar memiliki definisi suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan, dan budaya merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat. Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm berasal dari bahasa inggris The Humanities. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi dan lebih berbudaya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.

Berikut pengertian budaya atau kebudayaan dari beberapa ahli :

1. R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.

2.Koentjaraningrat, mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

3. Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

4. Herkovits, kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

B. Membedakan IBD Dengan Pengetahuan Budaya
Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk  berbudaya(homohumanus).Pengetahuan budaya juga mencakup keahlian, filsafat dan seni. Seperti misalnya,
Pertunjukan gabungan gerak tari, teater dan musik dipersembahkan kelompok Marga Sari, pimpinan Shin Nakagawa yang mengambil cerita dongeng "Momotaro".
Sedangkan, Ilmu Budaya Dasar(basic humanities) usaha yang diharapkan yang dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum mengenai konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.


C. Menyebutkan 3 Kelompok Besar Dalam Ilmu dan Pengetahuan
Ilmu dan pengetahuan dikelompokan ke dalam 3 kelompok besar menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar(1981) ,yaitu :

·         Ilmu Alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala alam semesta, termasuk di muka bumi ini sehingga terbentuk konsep dan prinsip.Ilmu alamiah hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
Yang termasuk  kelompok ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia,kedokteran, mekanika,biologi.
·         Ilmu Sosial atau sering disebut (social science) suatu pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial yang timbul dan berkembang, yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian - pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu - ilmu social.
Yang termasuk kelompok ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, dsb.
·         Pengetahuan Budaya atau sering disebut(the humanities) mempunyai        tujuan yaitu untuk mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat   manusiawi.
                                         Pengetahuan Budaya mencakup keahlian(disiplin), seni dan filsafat.             


 1.3  Tujuan Ilmu Budaya Dasar

A.    Menjelaskan Masalah Budaya Dengan Benar

Berikut adalah masalah kebudayaan dalam kajian ilmu budaya dasar, meliputi :
·        Berbagai aspek kehidupan manusia yang ada didunia ini. Hakikat manusia di dunia ini ialah selalu berinteraksi antar sesama yang kemudian melahirkan sebuah kebudayaan dan diturunkan kepada generasi dari jaman kejaman.
·        Masalah-masalah perubahan/ pergeseran nilai kebudayaan. setiap masyarakat di masing-masing daerah mempunyai kebudayaan masing-masing yang berbeda-beda dan mereka merasa bangga dengan hal tersebut. Namun seiring kemajuan jaman, rasa bangga tersebut hilang perlahan-lahan.
·        Masalah untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar sesama manusia agar tidak terjadi kesalah-pahaman dan perselisihan dalam kalangan penganut kebudayaan.

B.    Menjelaskan Masalah Kemanusiaan Dengan Jelas
      Berikut adalah masalah kemanusiaan dalam kajian ilmu budaya dasar, meliputi :
·        Masalah yang melibatkan dirinya sendiri sebagai bagian dari kehidupan bersama didalam masyarakat. Karena itu dikembangkan sikap hormat dan bekerja sama dengan manusia lainnya
·         Masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan bersama manusia baik   sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat yang saling berinteraksi.
·         Masalah mengenai akibat dari perubahan dan pergeseran nilai kebudayaan yang sangat signifikan dalam kehidupan bermasyarakat.
·         Masalah kebudayaan manusia yang patut untuk disikapi dan di perbaharui oleh semua manusia diseluruh dunia ini.

C.   Menyebutkan Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Tujuan dasar dari IBD untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD tidak bermaksud menggambarkan disiplin ilmu yang merujuk hanya satu bidang saja, melainkan mengambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the humanities). Di samping itu, IBD turut serta dalam pengembangan kerpibadian bagi kita yang mempelajarinya. Dengan mempelajarinya kita memperoleh banyak wawasan dan pemikiran. Sehingga dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut diri kita, orang lain mapun alam sekitar kita.
Namun demikian, untuk memenuhi tujuan ideal tersebut, IBD dengan sendirinya memberikan harapan kepada kita seperti berikut :
·         Mengusahakan penajaman pola pikir kita terhadap lingkungan budaya, sehingga kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama untuk kepentingan setiap individu.
·         Memberikan kesempatan bagi kita semua untuk memperluas wacana tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia maupun berbagai persoalan budaya.
·         Mengkader kita untuk menjadi individu yang toleran dan tidak terjerumus dalam sifat kedaerahan, fanatisme agama, maupun ras atau golongan. Hal ini karena ruang lingkup pendidikan yang kita rasakan saat ini cenderung membuat setiap manusia berpandangan sempit, mementingkan golongan dan lain sebagainya.

 




1.4  Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

A.    Menyebutkan 2 Masalah Pokok Dalam Ilmu Budaya Dasar
Berikut adalah dua masalah pokok untuk menentukan ruang lingkup kajian ilmu budaya    dasar :
-        Aspek kehidupan yang intinya menangani dan mengungkapkan masalah kemanusiaan dan kebudayan dengan pendekatan pengetahuan budaya (The Humanities), dari berbagai macam segi disiplin ilmu kebudayaan atau keahlian maupun ilmu-ilmu gabungan.
·         Hakekat manusia yang satu (universal), namun banyak perbedaan- perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam, dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti: ungkapan, pikiran, dan perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
B.     Menyebutkan 8 Pokok Bahasan IBD Dengan Benar
Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai moral dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.
Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :
-              Manusia dan cinta kasih
-              Manusia dan keindahan
-              Manusia dan penderitaan
-              Manusia dan keadilan
-              Manusia dan pandangan hidup
-              Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
-              Manusia dan kegelisahan
-              Manusia dan harapan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar